LANZURI.COM: Perkembangan Teknologi Pada Sebuah PC Komputer google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tuesday, April 9, 2019

Perkembangan Teknologi Pada Sebuah PC Komputer


Pengertian Teknologi Pada Sebuah PC Adalah
Bagaimana perkembangan teknologi pada PC? Beberapa waktu yang lalu tentang LTSP (Linux Thinclient Server Project) yang merupakan jaringan komputer tanpa hard disk dimana dengan komputer Pentium I atau yang lebih tua dapat menjalankan program secepat server nya yang pentium 4.

Banyak masyarakat yang merespon tulisan tersebut, namun mengingat LTSP berjalan pada sistem Linux dimana masih sangat sedikit masyarakat yang menguasainya maka para pengguna awam cukup sulit untuk dapat mengimplementasikan teknologi tersebut. Masyarakat yang dewasa ini mayoritas masih menggunakan sistem Windows, umumnya sangat mengharapkan teknologi serupa yang dapat berjalan pada sistem Windows.

Diantara masyarakat yang memberikan respon yang terbanyak adalah dari lemaga pendidikan ataupun sekolah yang berminat untuk membangun laboratorium komputer canggih yang murah untuk lembaga tersebut. Kebutuhan akan laboratorium komputer baik untuk keperluan pendidikan komputer di sekolah-sekolah memang merupakan kebutuhan yang sangat penting karena akan menentukan kwalitas mutu SDM (Sumber Daya Manusia) yang dihasilkan oleh sekolah tersebut terutama dibidang komputer. SDM (Sumber Daya Manusia) yang hanya menguasai sistem dan software lama, tentu akan menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) yang ketinggalan jaman dan akan kalah bersaing. Akan tetapi untuk apabila lembaga pendidikan atau sekolah selalu menggunakan software yang up to date, tentunya akan menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan pengetahuan komputer up to date dan menguasai teknologi terkini.

Untuk membangun sebuah laboratorium komputer yang up to date dengan software-software terbaru tentu tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit, karena software-software terbaru seperti Windows XP, MS Office XP, Corel Draw 12, AutoCAD 2004, Photoshop 7.0 dan lain lain membutuhkan hardware yang up to date pula, yaitu komputer dengan spesifikasi Pentium 4, dimana hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila pihak lembaga memiliki dana yang cukup.

Salah satu teknologi yang dapat dipakai untuk membangun laboratorium komputer termurah adalah menggunakan PC Cloning pada 1 PC menjadi 2 komputer. Untuk membangun sistem dengan menggunakan PC Cloning, diperlukan satu komputer host yang harus selalu menyala ketika station sedang dipergunakan, serta komputer station yang hanya dilengkapi dengan monitor, keyboard, dan mouse.

Dalam jaringan PC Cloning, sebuah PC dapat melayani station hingga 2 komputer dimana jumlah ini bisa bertambah atau berkurang tergantung dari port USB yang ada pada sebuah PC itu sendiri. Hal ini dimungkinkan karena pemakaian resource tertinggi para user umumnya adalah ketika user membuka program, mengakses data atau menjalankan kompilasi program, sedangkan ketika user mengedit data, mengetik, browing internet dan sebagainya resource yang dibutuhkan pada umumnya sangatlah kecil.

Dengan asumsi para user mengakses host secarara simultan, maka resource yang ada pada host dapat dibagi secara merata, sehingga user yang bekerja pada station merasakan kemampuan yang sama hampir sama apabila user bekerja pada host.

PC Clonning dapat menggunakan sistem operasi Windows 98, Windows Millenium, Windows 2000 dan Windows XP untuk host-nya, sedangkan untuk station cukup dengan beberapa hardware yang dimilikinya seperti monitor, mouse dan keyboard, dimana nantinya pada setiap station akan tampil sistem operasi yang dimiliki hos,t serta software-software yang sama seperti yang ada pada host. Untuk membangun PC Cloning anda dapat menginstall aplikasi tambahan pada komputer host yaitu BeTwin, sedangkan untuk station tidak perlu penginstalan tetapi hanya perlu menginstall hardware-hardware yang ada pada station.

No comments:

Post a Comment