LANZURI.COM: Pengertian Ekspresi Aritmatika dan Notasi Penulisan Ekspresi Aritmatika google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, April 17, 2019

Pengertian Ekspresi Aritmatika dan Notasi Penulisan Ekspresi Aritmatika


Pengertian Ekspresi Aritmatika

Ekspresi Aritmatika adalah Sebuah ekspresi aritmatika terdiri dari operand dan operator. Operator dalam ekspresi aritmatika dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1.Binary operator (operator pasangan)
2.Unary operator (operator tunggal)

Binary operator adalah operator yang memiliki 2 buah operand (diapit oleh 2 buah operand), sedangkan unary operator adalah operator yang hanya memiliki 1 buah operand (diikuti oleh sebuah operand). Operator – operator yang termasuk dalam binary operator adalah operator penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), modulo (mod), divisor (div), pemangkatan (^), operator logika AND, operator logika OR, dan operator perbandingan (seperti operator lebih besar, lebih kecil, sama dengan, lebih besar sama dengan, lebih kecil sama dengan, dan tidak sama dengan). Sedangkan operator yang termasuk dalam unary operator adalah operator minus (~), operator faktorial (!), operator trigonometri (seperti operator sinus, cosinus, tangen, cotangen, secan, dan cosecan), operator logika NOT, operator exponential (exp) dan fungsi logaritma (log).

Prioritas / kedudukan dari masing – masing operator (baik unary operator maupun binary operator) dari tinggi ke rendah adalah sebagai berikut,
1.Operator pemangkatan (^) dan semua unary operator.
2.Operator perkalian (*), pembagian (/), modulo (mod) dan divisor (div).
3.Operator penjumlahan (+) dan pengurangan (-).
4.Operator perbandingan, yaitu operator lebih besar, lebih kecil, sama dengan, lebih besar sama dengan, lebih kecil sama dengan, dan tidak sama dengan.
5.Operator logika NOT.
6.Operator logika AND dan OR.
7.Assignment Operator (=).

Ekspresi aritmatika akan diselesaikan berdasarkan urutan prioritas dari operator di atas dengan ketentuan operator yang memiliki prioritas yang lebih tinggi akan diselesaikan terlebih dahulu.

Notasi  atau Penulisan Ekspresi Aritmatika

Polish Notation diperkenalkan oleh seorang ahli matematika Polandia yang bernama Jan Lukasiewicz. Polish Notation merupakan notasi penulisan ekspresi aritmatika. Polish Notation terdiri dari 3 bentuk, yaitu :

Prefix
Bentuk prefix merupakan bentuk atau cara penulisan ekspresi aritmatika dimana operator ditulis di depan dari operandnya. Suatu prefix dapat berupa operand tunggal, atau gabungan dari unary operator dengan prefix, ataupun berupa gabungan dari binary operator dengan dua buah prefix.

Suffix (Postfix)
Bentuk suffix (postfix) merupakan  bentuk atau cara  penulisan ekspresi aritmatika dimana operator ditulis di belakang dari operandnya. Suatu suffix dapat berupa operand tunggal, atau gabungan dari suffix dengan unary operator, ataupun berupa gabungan dari dua buah suffix dengan binary operator.

Infix
Bentuk infix  ialah merupakan bentuk penulisan normal dari ekspresi aritmatika. Suatu infix dapat berupa operand tunggal, atau gabungan dari unary operator dengan infix, ataupun berupa gabungan dari binary operator dengan dua buah infix.

No comments:

Post a Comment