LANZURI.COM: Teknologi Informasi dan Perilaku Masyarakat google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Friday, March 1, 2019

Teknologi Informasi dan Perilaku Masyarakat


Teknologi  Informasi Dan Perilaku Masyarakat

Manusia didefinisikan sebagai Homo faber yaitu pembuat dan pemakai alat atau Homo sapiens yaitu si bijak atau si pemikir dan terakhir Homo symbolicum yaitu si pencipta dan pengguna symbol. Apapun definisi manusia itu, semuanya menunjukkan sentralitas pengetahuan dan teknologi di dalam kegiatan manusia. Laju perkembangan teknologi demikian pesat sehingga melahirklan bukan hanya kemudahan tetapi juga masalah yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Kecanggihan teknologi informasi telah memungkinkan bentuk-bentuk komunikasi yang secara virtual mengecilkan dunia.

Salah satu ahli teknlogi Rogers (1986) mendefinisikan teknologi sebagai sebuah instrumental dalam rangka mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat yang tercakup di dalamnya suatu hasil yang diinginkan. Sebuah teknologi biasanya terdiri dari aspek perangkat keras (hardware) yang mencakup objek fisik dan materi dan perangkat lunak (software)  yang meliputi informasi  yang mendasar untuk perangkat keras.

Teknologi bukan hanya merupakan suatu mesin atau barang ataupun materi, tetapi juga mencakup masalah-masalah abstrak (non materi) seperti gagasan/ide. Teknologi informasi merupakan salah satu bidang teknologi yang kita rasakan sangat pesat perkembangan dan kegunaannya dalam membantu kehidupan masyarakat. Banyak ahli memberi nama kemajuan ini sebagai era informasi. Sebagai contoh sederhana terlihat dari pengamatan lingkungan kerja yang memperlihatkan bagaimana teknologi komputer meningkatkan kontrol manajerial terhadap pekerja, baik di kantor maupun di industri. Tampilan kerja (kecepatan, efisiensi, kesalahan, kecermatan dll.) dapat dimonitor secara terus menerus dan tercatat dengan rinci.

Dalam dekade terakhir ini kita telah menyaksikan berbagai perubahan yang luar biasa dan mendasar dalam bidang teknologi informasi yang menjadi kekuatan untuk suatu lompatan masyarakat global. Indikasi dari lompatan ini adalah kemajuan teknologi dan pemakaian informasi yang semakin luas. Salah satu hasil kemajuan yang dramatis tersebut adalah konvergensi antara telekomunikasi, media dan informatika. Revolusi telematika ini telah merubah tatanan ekonomi, membuka cara-cara baru dalam berbisnis, dan bahkan mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat. Dalam media memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi kepada masyarakat dan dalam bidang telekomunikasi memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Perkembangan pertumbuhan informasi dapat dilihat dari penerimaan informasi yang begitu cepat, sehingga orang bisa melihat kejadian yang sama dalam waktu yang bersamaan walaupun dari tempat yang berbeda. Perkembangan ini bukan hanya mengenai jumlah informasi, melainkan juga jenis, kualitas dan kompleksitas informasi yang berkembang di segala bidang, termasuk teknologi komunikasi dan informasi itu sendiri.

Saat ini, bisnis informasi semakin marak dan menjadi trend di awal abad ini. Teknologi informasi bahkan dianggap sebagai salah satu sumber daya dasar yang bisa dioperasionalkan melalui media massa, baik media cetak, elektronik. Media cetak dan elektronik saling berlomba dan berkompetisi dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi yang aktual kepada masyarakat. Informasi sekarang bukan saja sebagai kebutuhan tapi juga telah menjadi komoditas masyarakat luas.

Konsekuensi yang paling penting dari teknologi informasi adalah suatu fenomena yang konvergensi teknologi atau konvergensi digital. Konvergensi ini merupakan penyatuan teknologi dari beberapa industri melalui berbagai perangkat untuk mempertukarkan dan menyebarkan informasi informasi. Industri-industri tersebut adalah komputer, alat-alat komunikasi, dan media massa.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat tentu saja mempengaruhi perilaku masyarakat untuk mengubah perilaku dari perilaku tradisional ke perilaku modern sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Dewasa ini, teknologi informasi memainkan peranan yang sangat penting dalam modernisasi kehidupan masyarakat dan menjadi sangat diperlukan dalam tiap aspek kehidupan bermasyarakat seperti bisnis, perdagangan, rumah tangga, industri dan sebagainya. Walaupun teknologi membutuhkan dana yang besar untuk menggunakan barang-barang yang dihasilkan, tetapi masyarakat harus bisa menerima dari perkembangan teknologi ini.

Salah satu pandangan yang dalam beberapa dasawarsa belakangan ini banyak disebut-sebut dan tidak mungkin dibantah kebenarannya ialah kita sekarang ini telah beralih ke masyarakat informasi.  Pada dasarnya masyarakat informasi adalah masyarakat yang menilai informasi sebagai sumber daya, sarana produksi, dan produk utama yang paling berharga. Oleh karena itu, mayoritas tenaga kerjanya adalah pekerja informasi. Kategori pekerjaan informasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas, termasuk semua kategori pekerjaan utamanya berkaitan dengan produksi, pengolahan dan distribusi informasi atau produksi teknologi informasi.

Peran media  massa dalam teknologi informasi menurut para ahli perannya sangat besar karena media massa merupakan penyebab utama terjadi transformasi masyarakat menuju masyarakat informasi. Media massa memang cukup banyak terlibat dalam proses perubahan tersebut, sehingga mendapat perhatian dalam teori masyarakat informasi. Setidaknya dapat dikemukakan bahwa :
·  Media massa semakin berkembang dan kian efisien dalam memproduksi dan mendistribusi informasi.
·   Media massa merupakan perangsang penting terhadap penilaian dan konsumsi informasi.
·Media massa menunjang upaya produksi, perolehan teknologi komunikasi dan perkembangan teknologi baru.
· Media massa merupakan sektor pekerjaan yang semakin membuka kesempatan bagi para pekerja informasi.

Meskipun perkembangan teknologi komunikasi bisa mempengaruhi masyarakat, tetapi perkembangan teknologi tersebut juga ditentukan oleh proses-proses yang terjadi di dalam masyarakat, yang menimbulkan kebutuhan akan perkembangan teknologi.

No comments:

Post a Comment