LANZURI.COM: Pengertian Remedial Teaching google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Friday, March 8, 2019

Pengertian Remedial Teaching


Pengertian Remedial Teaching-Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia yang mendefinisikan bahwa “Remedial” dan “Teaching”. Dan bila dipisahkan kata Remedial yang berarti bahwa:
Pertama, berhubungan dengan perbaikan, pengajaran ulang bagi murid yang hasil belajarnya jelek.
Kedua, Remedial berarti bersifat menyembuhkan. 
Sedangkan Teaching yang berarti “pengajaran” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti:
1.Proses perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan
2.Perihal mengajar, segala sesuatu mengenai mengajar.
Menurut arti katanya, Remedial berarti bersifat menyembuhkan atau membetulkan atau membuat jadi baik.  Dengan demikian, Remedial Teaching adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan, atau pengajaran yang membuat jadi baik.   

Dan menurut Ischak S.W dan Warji R. (1982:1) memberikan pengertian Remedial Teaching sebagai berikut: Kegiatan perbaikan dalam proses belajar mengajar adalah salah satu bentuk pemberian bentuk pemberian bantuan. Yaitu pemberian bantuan dalam proses belajar mengajar yang berupa kegiatan perbaikan terprogram dan disusun secara sistematis.

Pengertian Remedial Teaching menurut M. Entang adalah:
Segala usaha yang dilakukan untuk memahami dan menetapkan jenis sifat kesulitan belajar. Faktor-faktor penyebabnya serta cara menetapkan kemungkinan mengatasinya. Baik secara kuratif (penyembuhan) maupun secara preventif (pencegahan) berdasarkan data dan informasi yang seobyektif mungkin (1981:15)

Dari uraian di atas jelas kiranya bahwa pengertian Remedial Teaching sebagai suatu bentuk khusus pengajaran, yang ditujukan untuk menyembuhkan atau memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa.

Dalam Remedial Teaching yang disembuhkan, diperbaiki atau dibetulkan adalah keseluruhan proses belajar mengajar yang meliputi cara belajar, metode mengajar, materi pelajaran, alat belajar dan lingkungan yang turut mempengaruhi proses belajar mengajar. Dengan Remedial Teaching, siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat disembuhkan atau dibetulkan atau diperbaiki sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan kemampuannya. Kesulitan belajar yang dihadapi mungkin menyangkut semua bidang studi atau satu kemampuan khusus dari bidang studi tertentu. Pembetulan atau penyembuhan mungkin mencakup sebagian besar aspek tingkah laku atau beberapa tingkah laku. Demikian pula proses penyembuhan bisa dalam jangka waktu lama atau sebentar. Hal ini tergantung jenis, sifat dan latar belakang kesulitan belajar yang dialami.

Di samping itu, Remedial Teaching mempunyai arti terapeutik, artinya proses Remedial Teaching secara langsung ataupun tidak langsung juga menyembuhkan bebrapa gangguan atau hambatan kepribadian yang berkaitan dengan kesulitan belajar. 

No comments:

Post a Comment