LANZURI.COM: Pengertian Politik atau Definisi Politik google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tuesday, March 12, 2019

Pengertian Politik atau Definisi Politik


Pengertian politik

Menurut pendapat Joyce Mitchel dalam mengartikan Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk seluruh masyarakat. Yang dalam bahasa ingris kutipannya “Politics is collective decision making or the making of public policies for an entire society”.

Dari pendapat ramlan dapat disimpulkan bahwa politik merupakan salah satu sarana interaksi atau komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga apapun program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah sesuai dengan keinginan-keinginan masyarakat dimana tujuan yang dicita-citakan dapat dicapai dengan baik.
Menurut F. Isjwara, (1995 : 42) politik ialah salah satu perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau sebagai tekhnik menjalankan kekuasaan-kekuasaan”.

Dari pendapat isjwara tersebut dapat di simpulkan bahwa politik merupakan sebuah sarana memperjuangankan kekuasaan serta mempertahankan kekuasaan itu demi tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  Pengertian politik adalah  pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan, bersekolah di akademi.

Pengertian politik adalah suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan  didalam masyarakat yang mana wujudnya adalah proses pembuatan keputusan, khususnya didalam negara. Pengertian politik juga dapat diartikan sebagai seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan, baik secara konstitusional maupun non-konstitusional.

Dengan demikian aturan-aturan dan keputusan yang tadi ditetapkan serta dilaksanakan oleh pemerintah ditengah keadaan sosial yag dipengaruhi oleh kemajemukan atau  kebhinekaan, perbedaan kontroversi, ketegangan dan konflik oleh karena itu perlunya di tegakkan tata tertib sehingga dapat diharapkan dengan penegakan tata tertib tersebut tidak akan terhadi perpecahan antar masyarakat .

Sebagai bahan untuk perbandingan  dihadirkan pengertian politik dari segi lain yang dikutip dari pendapat Pamudji.  Yang menyatakan politik Secara etimologis politik dari bahas Yunani “Polis” yang artinya sama dengan kota (City) atau negara kota (City State) dari polis timbul istilah lain polite yang berarti warga negara, sedangkan politicos yang mempunyai arti kewarganegaraan, untuk politike techen yang memiliki pengertian kemahiran atau kemampuan berpolitik, dan selanjutnya orang-orang romawi mengambil istilah tersebut serta menamakan pengetahuan tentang negara itu sebagai kemahiran tentang masalah-masalah kenegaraan.

No comments:

Post a Comment