LANZURI.COM: Pengertian Novel Menurut Para Ahli google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sunday, March 3, 2019

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Pengertian novel

Novel adalah jenis prosa yang mengandung unsur tokoh, alur, latar rekaan yang menggelarkan kehidupan manusia atas dasar sudut pandang pengarang, dan mengandung nilai hidup, diolah dengan teknik kisahan dan ragaan yang menjadi dasar konvensi penulisan Zaidan Dkk (dalam Purba, 2010:63). Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif. Kata novel berasal dari bahasa Italia `novella yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita”. Novel lebih panjang(setidaknya 40.000 kata) dan lebih komplek dari cerpen (Sadikin, 2011:42)

Menurut Sudjiman (dalam Purba, 2010:63)  mengatakan bahwa novel adalah prosa rekaan yang panjang yang menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.  Sejalan dengan pendapat Jassin (dalam Purba, 2010:63) yang mengatakan bahwa novel adalah cerita mengenai salah satu episode dalam kehidupan manusia, suatu kejadian yang luar biasa dalam kehidupan itu, sebuah krisis yang memungkinkan terjadinya perubahan nasib pada manusia.

Pengertian novel menurut Wahyuningtiyas dan Wijaya (2010:52) Novel merupakan cerita rekaan yang menyajikan tentang aspek kehidupan manusia yang lebih mendalam yang senantiasa berubah-ubah dan merupakan kesatuan dinamis yang bermakna. Sumarjo (dalam Wahyuningtiyas dan Wijaya, 2010:51) mengatakan bahwa novel adalah produk masyrakat. Novel berasal dari masyrakat karena novel dibentuk oleh anggota masyrakat berdasarkan desakan-desakan emosional atau rasional dalam masyrakat. Novel menyajikan kehidupan itu sendiri, sebagian besar terdiri atas kenyataan sosial walaupun karyasastra juga meniru alam dan kehidupan subjektivitas manusia (Wellek dan Werren dalam Wahyuningtiyas dan Wijaya, 2010:51).

Menurut pemaparan beberapa  pendapat di atas disimpulkan bahwa novel adalah karya atau karangan fiksi yang biasanya dalam bentuk buku (lebih dari 40.000 kata) dan berisi cerita kehidupan, novel sebagai karya sastra fiksi merupakan hasil renungan, pemikiran dan pengalaman panjang terrhadap peristiwa kehidupan manusia yang disampaikan dengan bahasa yang terkesan, novel merupakan  sebuah karya sastra berbentuk fiksi yang telah dirangkai dengan fakta kehidupan dan dibumbui dengan khayalan pengarang terlebih dahulu, sehingga menjadi bacaan yang mempunyai tujuan dan misi untuk mempengaruhi masyarakat penikmat sastra.

No comments:

Post a Comment