LANZURI.COM: Pengertian Morfem: Jenis, dan Contohnya

Thursday, March 28, 2019

Pengertian Morfem: Jenis, dan Contohnya


Pengertian Morfem Adalah

Apa yang dimaksud dengan morfem? Pengertian morfem adalah morfem dari morphe dan kata ema yang memiliki arti bentuk sedangkan kata ema sendiri memiliki pengertian yang mengandung arti. Dapat disimpulkan bahwa pengertian morfem adalah satuan bunyi terkecil yang memiliki atau mengandung arti.
Morfem adalah bentuk terkecil yang dapat membedakan makna ataupun memiliki makna. Untuk membuktikannya morfem sebagai pembeda makna kita dapat melakukannya dengan menghubungkan morfem itu dengan kata mempunyai makna atau arti leksikal. Jika kata penghubungan tersebut menghasilkan makna atau arti baru, berarti unsur yang digabungkan dengan kata dasar tadi ialah morfem.

JENIS-JENIS MORFEM

Morfem adalah bentuk bahasa terkecil yang tidak dapat diuraikan lagi di dalam kalimat Morfem dapat dibedakan atas tiga bagian yaitu:

Morfem Bebas
Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri dan tentunya memiliki arti. Sebagai morfem bebas suatu tuturan ataupun suatu ucapan yang mengandung makna leksikal. Morfem bebas juga dapat berupa pokok kata, ataupun berupa kata dasar.
Contoh dari morfem bebas seperti:
rumah, jatuh, pulang, pergi, sedih, senang, takut, berani , minum, makan, mandi, gerak, ibu,ayah, adik, ilmu , aku, kami, dll.

Morfem Terkait
Pengertian dari morfem terkait adalah morfem yang selalu melekat pada morfem lainnya atau morfem yang baru memiliki makna setelah bergabung dengan morfem bebas.

Contoh morfem terkait yaitu:
Ter, ber, di, me,se, -kan,per, an, i, -wan, -man, ke-an, se-nya, dan lainnya
Untuk lebih jelasnya morfem “ber” sebelum bergabung dengan morfem bebas maka belum mempunyai makna, tetapi setelah berbagabung dengan morfem bebas contoh pada kata “main” menjadi bermain.barulah memiliki makna yaitu kata “ber” pada bermain memiliki makna sedang melakukan aktifitas.

Morfem setengah bebas
Seperti namanya morfem setengah bebas adalah morfem yang sebagian bisa berdiri sendiri dan morfem yang tidak dapat berdiri sendiri. Morfem setengah bebas diantara seperti: dari, kepada,pada, daripada, sebab,tentang, karena, meskipun, walaupun, dll.
Untuk menjelaskan morfem setengah bebas mari simak contoh berikut.

Contoh morfem setengah bebas:
Lukisan itu dipajang pada sudut ruangan dan
Jam itu dipasang pada dinding
Kata “pada” diatas merupakan morfem yang tidak dapat berdiri sendiri dan tidak memiliki arti. Untuk membuktikannya coba kita buat kalimat tanya bahwa kata “pada” tidak memliki arti simak kalimat berikut
Pertanyaan: apakah yang dipajang? Dan jawabannya lukisan itu. Kata “pada”disini tidak dicantumkan jadi dapat disimpulkan tidak memiliki arti pada kalimat tertentu .

Sekian penjelasan mengenai pengertian morfem dan jenis-jenis dari morfem semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.


baca juga artikel lainnya

No comments:

Post a Comment

Youtube