LANZURI.COM: Pengertian menulis Menurut Para Ahli google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Friday, March 1, 2019

Pengertian menulis Menurut Para Ahli


Pengertian menulis

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tidak lansung. Menulis biasanya dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat pena ataupun pensil. Hasil dai kegiatan menulis adalah tulisan.

Menurut Sukino (2010: 5) menulis merupakan satu diantara keterampilan berbahasa yang tidak asing lagi. Sejak memasuki sekolah dasar hingga diperguruan tinggi kegiatan tulis menulis sudah sering dilakukan. Dalam kehidupan sehari- hari pun seseorang tidak terlepas dengan aktivitas menulis. Sedangkan ruang lingkup keterampilan sendiri cukup luas, meliputi kegiatan berupa perbuatan, berpikir, berbicara, melihat, mendengar dan sebagainya Pembelajaran, keterampilan dirancang sebagai proses komunikasi belajar untuk mengubah perilaku siswa menjadi cekat, cepat dan tepat dalam melakukan atau menghadapi sesuatu.

Menurut Mawadah, (2011:620 “Tulisan merupakan hasil kreatif manusia berupa segala ungkapan, ide, perasaan, pengetahuan, dan pengalaman hidup yang dituangkan dalam bahasa tulis”. Kegiatan menulis ini sangat mementingkan unsur pikiran, penelaran dan data faktual karena wujud yang dihasilkannya berupa tulisan ilmiah dan non-fiksi. Dengan memahami pengertian menulis tersebut, jelas bahwa pengungkapan ide secara tertulis ini merupakan kegiatan yang cukup kompleks.
Menurut Tarigan (2008: 22) Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kecapakan atau keterampilan  menyusun sebuah pikiran yang lahir dari perasaan seseorang seperti membuat karangan yang dituangkan melalui tulisan dengan baik dan cermat.

No comments:

Post a Comment