LANZURI.COM: Pengertian Etnosentrisme Secara Lengkap google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Monday, March 11, 2019

Pengertian Etnosentrisme Secara Lengkap


Pengertian Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri. Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Perbedaan dan pembagian etnis yang mengartikan kekhasan identitas budaya  dari setiap suku bangsa.

Secara etimologi Etnosentris berasal dari kata etnik. Etnosentrisme adalah suatu presepsi yang dimiliki kebudayaan yang mereka miliki tiap individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari budaya lainnya atau dapat dikatakan etnosentrisme itu adalah fanatisme suku bangsa. Etnosentrisme adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantara budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain.

Pengertian dari Etnosentrisme lainnya adalah suatu sikap menilai suatu kebudayaan masyarakat lain dengan menggunakan ukuran-ukuran atau kaidah yang berlaku di masyarakatnya. Etnosentrisme dapat juga diartikan fanatisme suku bangsa. Pengertian dari etnosentrisme lainnya adalah suatu persepsi atau pandangan yang dimiliki oleh individu atau kelompok tertentu dengan menganggap bahwa kebudayaan mereka sendirilah yang lebih baik dari budaya yang lain, baik dari segi bahasa, perilaku, kebiasaan, maupun agama.

Pengertian etnosentrisme menurut pendapat beberapa ahli dibawah ini


Menurut pendapat Hogg pengertian etnosentrisme merupakan kegiatan yang melibatkan  atribusi  internal dan juga eksternal dalam kehidupan masyarakat.

Menurut pendapat dari Taylor mengartikan etnosentrisme adalah merupakan sesuatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat, bahwa kebudayaannya selalu superior dari pada kebudayaan yang lain.

Menurut Hariyono memberikan makna pada istilah etnosentrisme sebagai suatu perasaan in group dan out group dalam dasar sikap yang dilakukan oleh seseorang.

Pendapat dari Harris Pengertian etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain, sehingga hal ini mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional, seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran, dan lain sebagainya.

Menurut pendapat Sumner, pengertian etnosentrisme sebagai kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya untuk mementingkan diri sendiri, atau merasa lebih unggul dari orang lain, dan menjadi seorang individualis. Hal inilah yang  akan membuat hubungan yang bersifat antagonistik atau bersifat pertentangan dengan kebudayaan lain, akibat sikap yang berlebihan tanpa adanya pengontrolan.

Menurut pendapat dari Zastrow mengatakan, etnosentrisme ialah suatu sikap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok sosial lainnya.

Pendapat dari Poerwanti mengartikan etnosentrisme sebagai pandangn bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya dan kelompok lain akan selalu dibandingkan dan dinilai sesuai dengan standar kelompoknya sendiri.

Menurut KBBI etnosentrisme adalah sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

No comments:

Post a Comment