LANZURI.COM: Pengertian Data dan Database

Saturday, March 30, 2019

Pengertian Data dan Database


Pengertian Data Adalah

Secara umum data adalah segala sesuatu yang terjadi dan ada disekeliling kita atau dengan kata lain lingkungan dimana kita berada, jadi semua yang ada dilingkungan kita yang dapat kita lihat dan kita rasakan adalah data yang dapat diolah menjadi informasi.  Data adalah suatu istilah majemuk dari Yunani, yang berarti fakta atau bagian yang mengandung arti yang berhubungan dengan kenyataan baik berupa simbol, gambar, kata – kata, angka atau gabungan darinya. Jelasnya dat itu dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja.

Robert G.Murdik mengartikan, Data adalah fakta dan angka yang tidak digunakan pada proses keputusan dan biasanya berbentuk catatan histori yang dicatat dan diarsipkan tanpa maksud untuk segera diambil kembali pengambilan keputusan.
Moekijat mengemukakan tentang pengertian dari data ialah bahan mentah informasi, dirumuskan sebagai lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan, hal-hal dan sebagainya. Data dibentuk dari lambang-lambang seperti +, ^ dan ?. Data disusun untuk mengolah tujuan menjadi susunan kearsipan atau pusat data dan landasan data”. 

Sedangkan  Gordon B.Davis mendefenisikan, Data adalah kelompok teratur simbol – simbol yang mewakili kualitas tindakan, benda dan sebagainya.
Dari pendapat para ahli tersebut jelaslah bahwa data adalah kumpulan dari beberapa kejadian yang telah dikumpulkan dan merupakan suatu masalah yang akan dilakukan penyelesaian. Hasil akhir dari penyelesaian masalah atau hasil akhir dari proses pengolahan data informasi.

Pengertian Database Adalah

Evangelos Petroutsos mengartikan , Database adalah sebuah objek yang kompleks untuk menyimpan informasi yang terstruktur, yang diorganisir dan disimpan dalam suatu cara yang mengizinkan pemakainya dapat mengambil informasi dengan cepat dan efisien. Database sebagai kumpulan informasi disimpan dalam suatu atau tabel. Baris dalam tabel berisi satu unit data dan disebut record. Sedangkan kolom berisi atribut dari record dan disebut field. Pada prinsipnya, perancangan database membutuhkan logika. Database ditujukan untuk memecahkan masalah praktis yang dihadapi, yaitu penyimpanan dan pengambilan data.

Masalah praktis membutuhkan solusi yang praktis dan databasenya tidak didasarkan kepada konsep matematika atau konsep abstrak lainnya. Didalam database juga terdapat suatu record – record atau dengan kata lain yaitu sebaris data yang dimasukkan dan disimpan dalam database yang kemudian disimpan dalam suatu media penyimpanan. Dalam Accses, istilah database menggambarkan kumpulan data, form dan instruksi untuk memanipulasi data yang menyusun aplikasi bisnis atau personal. Semua komponen database ini disimpan dalam sebuah file tunggal dengan ekstensi .

No comments:

Post a Comment

Youtube