LANZURI.COM: Pengertian dan Kajian Tentang Metode Inquiry google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Saturday, March 16, 2019

Pengertian dan Kajian Tentang Metode Inquiry


Pengertian Metode Inquiry
Metode Inquiry adalah cara penyampaian bahan pengajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan yang disusunnya sendiri untuk menemukan sesuatu sebagai jawaban yang meyakinkan terhadap permasalahan yang dihadapkan kepadanya melalui proses pelacakan data dan informasi serta pemikiran yang logis, kritis dan sistematis.

Metode Inquiry merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan guru untuk mengajar di depan kelas. Adapun pelaksanaannya sebagai berikut: guru membagi tugas meneliti suatu masalah ke kelas.

maksud utama  dari metode ini adalah memberikan latihan kepada murid dalam berfikir. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa anak-anak selalu memiliki rasa ingin tau. Yang Suchman inginkan siswa dapat mempertanyakan atau bertanya mengapa suatu peristiwa bisa terjadi serta menelitinya dengan cara mengumpulkan dan mengolah data secara logis. Dengan itu maka metode inquiry akan dapat memperkuat dorongan alami untuk melakukan eksplorasi dengan semangat besar serta penuh dengan kesungguhan.

Metode ini mengembangkan kemampuan berfikir yang dipupuk dengan adanya kesempatan untuk mengobservasi problema, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun suatu hipotesa, mencari hubungan (data) yang hilang dari data yang telah terkumpul, kemudian dapat untuk menarik kesimpulan yang merupakan hasil dari pemecahan masalah tersebut. Cara berfikir semacam ini lazim disebut seagai cara berfikir ilmiah”.

Dapat ditarik kesimpulkan bahwa pengertian dari metode inquiry adalah sebuah metode mengajar yang memberikan kesempatan ke pada siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan yang sebelumnya belum pernah mereka ketahui. Serta yang akan menjadi titik atau tujuan dari penggunaan metode inquiry ini adalah untuk membantu siswa dalam mengembangkan intelektual dan keterampilannya yang timbul atau muncul dari pertanyaan-pertanyaan serta mampu menyelidikinya untuk mendapatkan jawaban sesuai dengan keingintahuan mereka. Dengan metode inquiry siswa dikondisikan untuk berpikir secara kritis dan kreatif serta untuk mendorong kesimpulanya sendiri yang didasarkan atas observasi yang mereka lakukan.

No comments:

Post a Comment