LANZURI.COM: Pengertian dan Fungsi Komunikasi google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sunday, March 3, 2019

Pengertian dan Fungsi Komunikasi


Pengertian Komunikasi

Istilah komunikasi  atau communication dalam bahasa inggris berasal dari bahasa latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna . Bila dua orang terlibat dalam komunikasi, misalnya dalam bentuk percakapan, maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai apa yang menjadi bahan percakapan.

Proses komunikasi ini mengikuti formula Harold D. Lasswell “who says what in wich channel to whom and with what effect?” dalam pembahasan ini dititik beratkan pada bagaimana media komunikasi itu mencapai dan mempengaruhi khalayak.”  Menurut Carl I. Hovland dalam buku “Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek”, menyatakan : “Ilmu komunikasi adalah upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap.”

Definisi Hovland diatas menunjukkan bahwa yang dijadikan objek studi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukkan pendapat umum (public opinion) dan sikap publik (public attitude) yang dalam kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peran yang amat penting. Bahkan dalam definisinya secara khusus mengenai pengertian komunikasinya sendiri, Hovland mengatakan bahwa “komunikasi adalah proses mengubah prilaku orang lain (communication is the process to modify the behavior of other individuals).

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan keseganan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama .

Kegunaan komunikasi adalah bagaimana caranya agar suatu pesan yang disampaikan komunikator itu menimbulkan dampak atau efek tertentu pada komunikan. Dampak yang ditimbulkan dapat diklasifikasikan menurut kadarnya, yakni:
1.Dampak kognitif
dampak yang timbul pada komunikan yang menyebabkan dia menjadi tahu atau meningkatkan intelektualitasnya. Dengan kata lain tujuan komunikator adalah mengubah pikiran komunikan.
2.Dampak afektif
tujuan komunikator bukan hanya sekedar menubah pikiran  komunikan tetapi juga tergerak hatinya; menimbulkan perasaan tertentu seperti iba, terharu, gembira, marah, dan lain sebagainya.
3.Dampak behavioral
yakni dampak yang timbul pada komunikan dalam bentuk prilaku, tindakan, atau kegiatan.

No comments:

Post a Comment