LANZURI.COM: Pengertian Barcode wand: Bentuk dan Barcode reader

Thursday, March 28, 2019

Pengertian Barcode wand: Bentuk dan Barcode reader


Pengertian Barcode wand Adalah

Apakah bacode wand? Barcode wand ( kode bergaris ) adalah sebuah kode mesin yang dapat dibaca. Barcode terdiri dari sebuah bentuk bar dan spasi ( hitam dan putih ) dalam rasio yang didefinisikan dan mempresentasikan karakter alphanumeric.  Di awal perkembangannya, penggunaan kode bergaris dilakukan untuk membantu proses pemeriksaan barang-barang secara otomatis pada supermarket. Tetapi, saat ini kode bergaris sudah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti misalnya digunakan sebagai kartu identitas, kartu kredit dan untuk pemeriksaan secara otomatis pada perpustakaan. Kode bergaris digambarkan dalam bentuk baris hitam tebal dan tipis yang disusun berderet sejajar horizontal.

Untuk membantu pembacaan secara manual dicantumkan juga kode angka - angka dibawah kode bergaris tersebut. Angka –angka tersebut tidak mendasari pola kode bergaris yang tercantum. Ukuran nominalnya tanpa tergantung dari mesin yang membaca. Alat yang digunakan untuk membaca Barcode Wand adalah Barcode Scanner. Penggunaan Barcode Scanner sangat mudah sehingga penguna ( operator ) hanya memerlukan sedikit latihan. Barcode Scanner dapat membaca informasi data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari pada mengetikkan data dan Barcode Scanner memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi.


Bentuk-bentuk Barcode

Bentuk Barcode ada dua jenis, yaitu : barcode satu dimensi dan barcode dua dimensi. Untuk penjelasannya simak berikut ini:

Barcode satu dimensi (1D)
Barcode satu dimensi biasanya dinamakan linear bar codes (kode berbentuk baris). Contoh barcode satu dimensi adalah sebagai berikut : Barcode 39 (code 3 of 9) Code 39 dapat mengkodekan karakter alphanumeric yaitu angka desimal dan huruf besar serta tambahan karakter spesial- .*$/%+ Satu karakter didalam Code 39 terdiridari sembilan elemen yaitu lima bar atau garis vertikal hitam, dan empat spasi atau garis vertikal putih, yang disusun secara bergantian antara bar dan spasi. tiga dari ke9 elemen tersebut mempunyai ketebalan lebih yang tebal dari yang lainnya oleh sebabnya kode ini sering disebut sebagai , tiga elemen yang lebih tebal tersebut terdiri dari dua bar dan satu spasi. Elemen-elemen yang lebih lebar mewakili digit biner satu dan elemen-elemen yang lebih sempit mewakili digit biner nol.

Barcode dua dimensi
Maksud dari barcode dua dimensi ialah barcode yang dikembangkan lebih dari sepuluh tahun lalu, tetapi baru sekarang ini mulai populer. Barcode dua dimensi ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan linear bar codes (barcode satu dimensi) yaitu, dengan menggunakan barcode dua dimensi, informasi atau data yang besar dapat disimpan di dalam suatu ruang (space) yang lebih kecil.

Barcode Reader

Barcode Reader ( Pembaca Barcode wand) Pembaca Barcode wand atau yang lebih dikenal dengan nama Barcode Reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca warna hitam dan putih. sebuah garis yang berwarna hitam ditunjukkan dengan sebuah Bar, sedangkan yang berwarna putih ditunjukkan dengan sebuah Space (spasi ). Penggunaan Barcode Reader sangat mudah sehingga pengguna (operator ) hanya memerlukan sedikit latihan. Barcode Scanner dapat membaca informasi / data dengan kecepatan tinggi dari pada mengetikkan data dan barcode scanner memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi.

Sekian penjelasan tentang pengertian barcode wand, bentuk-bentuk dari barcode wand serta barcode reader atau pembaca barcode. Semoga di artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Youtube