LANZURI.COM: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sunday, March 10, 2019

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan. Dengan adanya akuntasi maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan serta tujuan lainnya. Secara bahasa, pengertian akuntansi adalah bentuk interpretasi dari keuangan perusahaan untuk mengukur dan menjabarkan kepastian mengenai informasi yang berkaitan dengan keluar masuknya uang perusahaan.

Definisi atau pengertian akuntansi sebenarnya diambil dari kata Accountancy atau Accounting yang artinya Akuntansi adalah suatu proses atau aktivitas dalam mengidentifikasi, menganalisis, mencatat, mengklasifikasi, menyajikan dan mengolah data yang berkaitan dengan transaksi atau keuangan supaya bisa lebih dimengerti sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan. Sedangkan jika dilihat dari wikipedia, artinya adalah penjabaran, pemberian kepastian dan penjabaran terkait dengan informasi yang akan sangat membantu para investor, manajer, otoritas pajak, serta pembuat keputusan lainnya untuk menyusun alokasi sumber daya di dalam organisasi, lembaga pemerintah dan perusahaan.

Littleton
pengertian akuntansi adalah aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison
pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

Warren dkk
pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Rudianto
Menurut Rudianto, akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

West Churman
pengertian akuntansi adalah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

Suparwoto L
pengertian akuntansi adalah suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan.

Accounting Principle Board.
Pengertian Akuntansi adalah suatu aktivitas atau kejadian jasa untuk menyajikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana informasi tersebut berupa tolok ukur materi mengenai suatu badan ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam memilih alternatife kebijakan ekonomi yang harus diambil.

Arnold
Pengertian akuntansi adalah suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

AAA atau American Acounting Association
pengertian akuntansi adalah sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya. Tujuan akuntansi seperti yang dijelaskan dari Littleton adalah untuk melakukan perhitungan secara periodic pada usaha atau cost terhadap hasil yang dicapai.

APB atau Accounting Principle Board
Pengertian akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

Abu Bakar A dan Wibowo.
Pengertian Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan semua transaksi ekonomi perusahaan.

No comments:

Post a Comment