LANZURI.COM: Penelitian Kualitatif google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Friday, March 22, 2019

Penelitian Kualitatif


Yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset atau penelitian yang bersifat deskriptif atau pemaparan dan cenderung menggunakan analisis . Proses serta makna perspektif subjek lebih di tunjukkan dalam penelitian kualitatif ini. memanfaatkan landasan teori sebagai penunjuk agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Selain sebagai penunjuk landasan teori ini juga bermanfaat untuk dapat memberikan gambaran secara umum tentang latar penelitian serta sebagai bahan pembahasan dari hasil penelitian.Terdapat perbedaan yang mendasar antara landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan landasan teori yang terdapat pada penelitian kualitatif. Didalam penelitian kuantitatif, penelitian beranjak dari teori kemudian menuju data, dan berakhir pada penerimaan ataupun penolakan terhadap teori yang digunakan. Sedangkan didalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelasan, dan berakhir dengan suatu teori.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sesungguh-sungguhnya. Penelitian kualitatif ini yang ditekankan adalah pada kedalaman data yang didapatkan oleh si peneliti. Semakin dalam dan mendetail data yang diperoleh atau di dapatkan, maka semakin baik pula kualitas dari penelitian kualitatif ini. Bebeda dengan penelitian kuanitatif, objek dalam penelitian kualitatif ini pada umumnya jumlahnya terbatas.  

Didalam penelitian kualitaif ini, peneliti ikut serta dalam peristiwa atau kondisi yang sedang diteliti. Untuk hal ini hasil dari penelitian kualitaitf  ini memerlukan yang namanya kedalaman analisis dari peneliti. Selain dari hasil penelitian kualitatif ini bersifat subjektif sehingga tidak bisa untuk digeneralisasikan. Pada umumnya, penelitian kualitatif ini dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Melalui sebuah metode ini, peneliti akan dapat menganalisis data yang diperoleh dari lapangan dengan terperinci atau detail. Peneliti tidak dapat meriset kondisi sosial yang dioservasi, karena seluruh realitas yang terjadi merupakan kesatuan yang terjadi secara alamiah. Hasil dari penelitian kualitatif ini juga bisa memunculkan teori atau konsep baru apabila hasil dari penelitiannya bertentangan dengan teori dan konsep yang ada sebelumnya yang dijadikan sebagai kajian didalam penelitian.

Penelitian kualitatif bersifat lebih subjektif dari pada penelitian kuantitatif serta menggunakan metode yang sangat berbeda dari cara mengumpulkan informasi, terutama bagi individu. Kualitas hasil dari temuan penelitian kualitatif ini secara langsung tergantung dari kemampuan, pengalaman serta  kepekaan dari orang yang diwawancarai. Didalam penelitian kualitatif ini, identitasserta  peran dari narasumber aaupun informan serta informasi yang disampaikan menjadi hal-hal yang sangat berharga sehingga sipeneliti harus memiliki tanggung jawab untuk memperlakukan informasi yang telah disampaikan oleh narasumber atau informan. Informasi tersebut dapat bersifat terbuka ataupun tertutup untuk khalayak umum, tergantung dari kesepakatan antara sipeneliti dengan objek yang diteliti atau informan.

No comments:

Post a Comment