LANZURI.COM: Definisi Sistem dan Informasi google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Thursday, February 28, 2019

Definisi Sistem dan Informasi

Definisi Sistem dan Informasi

Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan sistem yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan menekankan pada komponen dan elemenya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem. Sistem adalah sebuah bagian – bagian saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa maksud atau sasaran”. Berarti sebuah sistem bukanlah seperangkat unsur yang tersusun secara tidak teratur, tetapi dari unsur yang dikenal saling melengkapi karena suatu maksud, tujuan atau sasaran.

pengertian dari informasi sendiri adalah “data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang, dan berarti juga informasi adalah terdiri dari data yang telah diambil kembali, diolah atau sebaliknya digunakan untuk tujuan informasi atau kesimpulan,argumentasi atau sebagai dasar untuk pengambilan keputusan”.

Pengertian sistem informasi adalah “suatu sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar dengan menyediakan laporan yang dibutuhkan” Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponen yang mencapai suatu tujuan tertentu. Komponen-komponen atau subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai.

Suatu sistem akan dianalisa dan dirancang oleh satu tim atau orang disebut Analis Sistem. Dalam menganalisa dan merancang sistem, analisa sistem harus memperhatikan 3 faktor yang menentukan baik buruknya sistem yang mereka rancang
Sistem yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Sistem harus dibentuk untuk dapat menyelesaikan tujuan.
2. Elemen sistem harus memiliki rencana yang telah ditetapkan.
3. Adanya hubungan antar elemen sistem yang solid.
4. Unsur dasar dari proses seperti arus informasi, energi dan material lebih penting daripada elemen sistem.
5. Tujuan organisasi lebih penting daripada elemen sistem.

No comments:

Post a Comment