LANZURI.COM: Cara Kerja Port USB google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, February 27, 2019

Cara Kerja Port USB

Pengertian Port USB

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit per detik). Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.
Beberapa keistimewaan USB  antara lain :
1. Komputer bisa diposisikan menjadi sebuah host
2.Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke komputer secara langsung maupun menggunakan HUB USB
3.Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa mencapai 5 meter. Sedangkan jika menggunakan perangkat hub bisa mencapai 30 meter.
4.Perangkat USB bersifat 'hot swappable' artinya perangkat keras yang sudah menggunakan port USB bersifat plug and play.

Cara Kerja USB

Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik. Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play bukan lagi Plug and Pray. Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus kecepatan-tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang USB:
1.Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps.
2.Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal.
3.Diterima secara luas.
4.Tidak cocok untuk periferal dengan bandwith tinggi.
5.Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh.
Transfer data pada USB dikirim dalam bentuk paket, sementara port paralel dan serial mentransfernya dalam bentuk bit individual. Sebagai contoh, bila ingin menyimpan sebuah file pada sebuah drive Zip USB, pertama-tama PC akan memotong-motong file tersebut menjadi potongan-potongan sebesar 64-byte setiap potongan menyertakan informasi pengalamatan dan data itu sendiri dan kemudian mengirimkan potongan tersebut ke port USB.
Kecepatan transfer USB melampaui kecepatan transfer port paralel dan serial karena telah menyempurnakan proses transfer tersebut: Kabel USB mengurangi derau dan distorsi selama data dikirim, sehingga data dapat diterima dengan sedikit kesalahan.

No comments:

Post a Comment