LANZURI.COM: Pengertian Retorika menurut para ahli google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tuesday, November 13, 2018

Pengertian Retorika menurut para ahli

sumber Lynda.com

Pengertian Retorika
Retorika adalah seni atau keterampilan berkomunikasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain baik dalam bentuk lisan maupun tulisan secara langsung maupun tidak langsung. Retorika bisa diartikan sebagai public speaking atau berbicara didepan umum dengan intonasi yang jelas,mudah dipahami,dan sebagai sumber informasi. Berikut ini pengertian retorika menurut para ahli:
Menurut Wikipidia, retorika adalah sebuah teknik pembujuk- rayuan secara persuasi untuk menghasilkan bujukan dengan melalui karakter pembicara, emosional atau argument
Menurut D.Beckett, retorika adalah seni yang mengafeksi pihak lain dengan tutur, yaitu dengan cara memanifulasi unsure-unsur tutur itu dan respon pendengar. Tindakan manipulasi ini dilakukan dengan perhitungan yang matang sebelumnya.
Menurut Donal C. Bryant, memandang retorika itu sebagai suatu tutur yang mempersuasi dan memberikan informasi yang rasional kepada pihak lain.
Menurut Bishop whatley, retorika itu suatu bahasa. Karena itu bahasa kita pahami kalau dia membatas retorika itu “retorika adalah seni yang mengajarkan orang kaidah dasar pemakaian bahasa yang efektif.
Menurut Martin Steinmann, Jr retorika itu sebagai bahasa. Menurut retorikus ini, retorika berbicara tentang pemilihan yang efektif terhadap bentuk cara-cara mengungkap sinonim.
Menurut Gorys Keraf, menyatakan bahwa retorika sangat terkait dengan teknik pemakaian bahasa sebagai seni yang didasarkan pada pengetahuan yang tersusun baik. Jadi, ada dua aspek yang perlu diketahui seseorang dalam retorika yaitu pertama,pengetahuan mengenai bahasa dan pengunaan bahasa dengan baik, dan kedua, pengetahuan tentang objek tertentu yang akan disampaikan dengan bahasa itu. Oleh karwena itu retorika harus dipelajari dalam rangka ingin menggunakan bahasa yang sebaik-baiknya dengan tujuan tertentu (keraf, 1994: 1)
Menurut Nurgiyantoro (1993:295), menyatakan bahwa retorika adalah cara penggunakan bahasa untuk memperoleh efek estetik. Hal itu dapat diperoleh dengan kreativitas pengungkapan bahasa yaitu bagaimana pengarang menyiasati bahasa sebagai sarana untuk mengungkapkan gagasannya.

No comments:

Post a Comment