LANZURI.COM: Pengertian Dan Fungsi Motivasi Belajar google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Monday, November 19, 2018

Pengertian Dan Fungsi Motivasi Belajar


Pengertian Motivasi
Pengertian Motivasi-Sudah umum orang menyebut motivasi dengan "motif" untuk menunjuk kenapa seseorang itu berbuat sesuatu. Motif dan motivasi keduanya sangat erat kaitannya dengan penghayatan suatu kebutuhan (Soetjipto dan Raflis kosasi, 1999 : 33). Kata motif diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Berawal dari suatu pendekatan kata "motif" tersebut dapat ditarik persamaan bahwa keduanya menyatakan suatu kehendak yang melatarbelakangi perbuatan. Para ahli yang memberikan batasan tentang pengertian motivasi antara lain:
  1. Gleitman dan Reiber yang dikutip oleh Muhibbin Syah berpendapat, bahwa motivasi berarti pemasok daya (energizer) untuk bertingkah laku secara terarah(Muhibbin Syah, 2002 : 136). 
  2. Tabrani Rusyan berpendapat, bahwa motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan(Tabrani Rusyan,dkk, 1989 : 95).
  3. Heinz Kcok memberikan pengertian motivasi adalah mengembangkan keinginan untuk melakukan sesuatu(Heinz Kcok, 1991 : 69).
  4. Mc. Donald yang dikutip oleh Sardiman mengemukakan, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan (Sardiman AM, 1990 : 73).
Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli di atas, dapat dikatakan bahwa motivasi yaitu sesuatu yang kompleks, karena motivasi dapat menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu yang didorong karena adanya tujuan, kebutuhan atau keinginan.

Fungsi Motivasi
Fungsi Motivasi-Agar terlaksana suatu kegiatan yang pertama harus ada dorongan untuk melaksanakan kegiatan itu, begitu juga dalam dunia pendidikan, aspek motivasi ini sangat penting. Siswa harus mempunyai motivasi untuk mengikuti kegiatan belajar terutama dalam proses belajar mengajar.Motivasi adalah salah satu faktor pendukung dalam proses belajar mengajar sebab motivasi berfungsi :

  1. Pemberi semangat pada siswa dalam kegiatan belajarnya. 
  2. Pemilih dari tipe-tipe berbagai kegiatan dimana seseorang berkeinginan untuk melakukannya. 
  3. Pemberi petunjuk pada tingkah laku.

Fungsi motivasi juga dipaparkan oleh Tabrani dalam bukunya Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar adalah : 

  • Mendorong timbulnya perbuatan. 
  • Mengarahkan aktifitas belajar siswa. 
  • Menggerakkan dan menentukan cepat atau lambatnya suatu perbuatan (Tabarani Rusyan, 1989 : 123).
Sama halnya dengan pendapat yang dikemukakan oleh Sardiman AM, ada tiga fungsi motivasi :
  1. Mendorong manusia untuk berbuat. 
  2.  Menentukan arah perbuatan, yakni menentukan perbuatan- perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan (Sardiman, 1989 : 84) 
Ada juga fungsi-fungsi lain, motvasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha-usaha pencapaian prestasi. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi.  Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik, dengan kata lain bahwa, adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik. Itensitas motivasi seseorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya.

untuk artikel lainnya bisa klik daftar isi
                  Macam-macam Motivasi Atau Jenis-jenis Motivasi 
                  MODAL IDEAL SAHAM UNTUK MAHASISWA  
                  Pengertian Media Menurut Ahli

 

 


No comments:

Post a Comment