LANZURI.COM: Model-model strategi belajar mengajar google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Thursday, November 15, 2018

Model-model strategi belajar mengajar


Model-model strategi belajar mengajar
Ada bebera Model-model pembelajaran dari yang konvensional sampai kontemporer lansung pada artikel ini menjelaskan secara singkat tentang model pembelajaran namun tetap tidak mengurangi arti dari pengertian model pembelajaran

Pembelajaran ekspositori
Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.

Belajar mengaktifkan siswa
Dalam proses pengaktifan siswa guru tidak terlalu aktif melakukan aktivitas tetapi lebih ditekankan pada siswanya untuk beraktivitas. Pembelajaran aktif terdiridari dua komponen yaitu: pengalaman, melakukandan pengamatan

Pembelajaran Inquiry
pembelajara inquiry merupakan hasil seni penciptaansituasi-situasi sedemikan rupa sehingga siswa mengambil peranan sebagai ilmuaan

Prinsip-prinsip penggunaan inquiry
Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan yakni:
a. Prinsip interaksi, Proses belajar pada umumnya proses interaksi antara siswa dengan guru bahkan lungkungannya.
b. Prinsip bertanya, Guru bertanya pada siswa.
c. Prinsip belajar untuk berfikir, Belajar bukan hanya mengingat sebuah fakta sejumlah fakta, akan tetapi belajar adalah berfikir yakni proses menegmbangkan potensi seluruh otak, abaik otak kiri maupun otak kanan.
d. Prinsip keterbukaan, Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang menyediakan berbagai hipotesis yang harus dibuktikan kebenarannya.

Proses Inkuri
Menurut Gulo dalam trianto 2009 yang menyatakan, bahwa yang dipelukan untuk melaksanakan pembelajaran inkuri adalah sebagai berikut.
a. Mengajukan pertanyaan atau masalah
b. Merumuskan hipotesis
c. Mengumpulkan data
d. Analisis data

e. Menyimpulkan atau membuat kesimpulan.


Pembelajaran kontekstual
Merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuaan membantu siswa untuk memahami makna materi yang diajakan dengan mengaitkan materi terhadap konteks kehidupan mereka.
Strategi pembelajaran kontektual
1.Pengajaran berbasis problem
2.Menggunakan konteks yang ragam
3.Mempertimbangkan kebihekaan siswa
4.Memperdayaankan siswa untuk belajar sendiri
5.Belajar melalui kaloborasi
6.Menggunakan penilaian autentik
7.Mengejar standar tinggi

Terdapat Tiga prinsip ilmiah dalam pembelajaran konteksual
1.Prinsip saling ketergantungan
2.Prinsip Defrensiasi
3. Prinsip pengaturan diri

Pembelajar portofolio
Pembelajar potofolio adalah kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan tertentu tergantung pada pembelajaran dan tujuan potofolio.

Pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat
Pendekatan ini merupakan pendekatan berbasis konteks yang memiliki peranan penting dalam memotivasi anak dan mengembangkan keaksaraan ilmiah mereka berdasarkan hasil penelitan yang dilakukan anak. Tujuannya adalah membentuk indiviu yang memiliki literasi sains dan teknologi serta kepeduluan terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Nah demikian penjelasan singkat tentang model-model pembelajaran semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi kita semua terimakasih telah berkunjung.

baca juga 







No comments:

Post a Comment