LANZURI.COM: Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, November 14, 2018

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar

beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dibawah ini merupakan penjelasan tentang faktor dalam atau yang mempengaruhi dari proses belajar.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar itu banyak sekali.Faktor-faktor tersebut ada yang datang dari luar dan ada pula yang datang dari dalam.Faktor-faktor yang datang dari luar tersebut faktor exogen.Sedangkan yang datang dari dalam disebut endogen.Faktor exogen secara teoritis dapat digolongkan kedalam dua golongan yaitu faktor sisial dan faktor non sosial. Sedangkan faktor endogen yaitu juga dapat digolongkan kedalam dua golongan yaitu faktor fisiologis dan psichologis.Faktor-faktor tersebut mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.Analisis tentang faktor-faktor tersebut bertujuan untuk mencari cara-cara pengaturannya yang sebaik-baiknya,sehingga faktor tersebut mempengaruhi belajar dalam arah yang menguntungkan.

Faktor-faktor sosial
Faktor  sosial adalah faktor manusia,baik manusia itu ada atau hadir maupun kehadirannya dapat disimpulkan artinya tidak langsung hadir.

Faktor non sosial
Faktor-faktor non sosial yang dapat menganggu proses belajar ini tak terhitung banyaknya antara lain dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor alam dan alat-alat perlengkapan atau pasilitas yang dipergunakan untuk belajar.contohnya keadaan cuaca.

Faktor fisiologis
Faktor fisiologis individu juga dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa atau siswi.Faktor fisiologis adalah keadaan jasmani manusia.Fungsi fisiologis juga mempengaruhi aktivitas belajar siswa terutama fungsi panca indra. Faktor fosikologis memegang peranan yang menentukan didalam belajar. Berapa faktor pisikologis diantaranya adalah faktor perhatian,faktor kognitif,faktor affektif,faktor konatif atau motivasi dan intelegensi.


baca juga artikel lainnya

 

No comments:

Post a Comment