LANZURI.COM: Tujuan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia google.com, pub-8290688651244715, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tuesday, November 19, 2013

Tujuan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia

Selamat malam sob kali ini ane mau post tentang tujuan berbica. oke to the point aja ya

Tujuan berbicara-Tujuan utama berbicara adalah untuk menginformasikan-gagasan pembicara kepada pendengar. Menurut Mulyana mengelompokkan tujuan berbicara ke dalam empat tujuan, yaitu tujuan sosial, ekspresif, ritual, dan instrumental.
Ini dia penjelasannya simak ya heheheh

a. Tujuan Sosial
                manusia sebagai makhluk sosial menjadikan kegiatan berbicara sebagai sarana untuk membangun konsep diri (dengan bahasa orang dapat mengetahui kepribadian orang lain), eksistensi diri (dengan berbicara, seseorang akan dipandang sebagai orang yang eksis), kelangsungan hidup (dengan berbicara orang dapat mengungkapkan keinginannya kepada orang lain), memperoleh kebahagiaan, dan menghindari tekanan serta ketegangan.

b.Tujuan Ekspresif
                dalam tujuan ekspresif, berbicara digunakan manusia sebagai alat untuk menyampaikan perasaannya. Contohnya   Dengan bahasa yang penuh kasih sayang, seorang mahasiswa dapat mengekspresikan rasa cinta kepada seorang mahasiswi, kadang-kadang didukung oleh simbol-simbol di luar bahasa, misalnya dengan bunga. 
c. Tujuan Ritual
kegiatan ritual sering menggunakan bahasa sebagai media untuk menyampaikan pesan ritual penganutnya. Seperti Doa.  Doa yang digunakan oleh umat beragama dijadikan sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Hal ini menggambarkan bahwa bahasa sebagai media berbicara digunakan juga untuk tujuan-tujuan yang bersifat ritual. 
d.Tujuan Instrumental
kegiatan berbicara digunakan sebagai alat untuk memperoleh sesuatu (jabatan, pekerjaan, dan lain-lain).

semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi saudara  

No comments:

Post a Comment